Berita

Share:

Biosecurity dan Peranannya dalam Industry Poultry

Biosecurity merupakan suatu upaya untuk menjaga lingkungan kandang secara kompleks agar tetap terjaga dari cemaran mikroorganisme patogen dari luar. Adapun upaya yang termasuk dalam biosecurity antara lain: screening lalu lintas kendaraan dan tenaga kerja dan juga cleaning and disinfection yang terdiri dari pengeluaran manure (kotoran), proses pembersihan kandang hingga proses fumigasi sebagai salah satu persiapan chick-in. 

Di masa musim hujan seperti saat ini, akan berpeluang besar bagi berbagai sumber penyakit yang akan mengancam kesehatan hewan baik di sector poultry, ruminansia, dll. Oleh sebab itu, pelaksanaan program biosecurity harus diperketat dan dimonitoring secara terus-menerus agar cemaran penyakit dari luar area pemeliharaan dapat diatasi. 

Banyak referensi dan jurnal yang menunjukkan bahwa genangan dari air hujan termasuk dalam sumber cemaran mikroba pathogen yang dapat mempengaruhi kesehatan ayam, selain perubahan suhu dan kelembaban (contoh: E. coli & S. aureus). Pada kondisi ini dianjurkan untuk melakukan disinfeksi rutin untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meminimalisir cemaran mikroba pathogen. 

Beberapa upaya disinfeksi yang dapat dilakukan pada masa musim hujan yaitu: Spraying rutin area sekitar kandang, spraying tenaga kerja kandang yang keluar masuk area farm dan mencuci tangan sebelum masuk area kandang, sterilisasi air minum, mencuci cooling pad (untuk kandang close), serta mencuci peralatan secara rutin yang sering digunakan di dalam area kandang. 

Untuk meminimalisir cemaran mikroba pathogen yang masuk dalam area kandang, perlu diamati pula produk yang akan digunakan untuk memenuhi pelaksanaan biosecurity. Komposisi dari produk harus dipastikan dapat bekerja dengan baik dalam mengatasi permasalahan yang kerap kali terjadi di dalam area kandang. Salah satu produk Agrinusa, all in one yang amat ampuh, dan juga teruji klinis adalah Biodan Plus. 

Biodan Plus merupakan produk disinfektan spectrum luas dengan komposisi Glutaraldehyde dan Benzalkonium Chloride dengan kandungan tinggi yang berfungsi tidak hanya untuk membasmi virus, bakteri dan jamur melalui disinfeksi atau spraying area kandang, namun dapat juga digunakan untuk mencuci cooling pad, sterilisasi air minum, untuk mencuci peralatan kandang dan penetas telur. Selain itu, dengan komposisi yang terdapat dalam produk, penggunaan Biodan Plus sangat baik untuk digunakan saat terjadi outbreak di dalam lingkungan kandang. Dengan satu produk tersebut dapat mememenuhi segala keperluan pembersihan dalam area kandang, sehingga tidak perlu menambah produk lain dalam program disinfeksi. 

Setelah pelaksanaan program pembersihan dan disinfeksi, maka dapat dilanjutkan langkah selanjutnya yaitu pelaksanaan fumigasi untuk melengkapi rangkaian program biosecurity. 

Anda mungkin juga suka

...
Gejala dan Pencegahan CRD pada Unggas

CRD (Chronic Respiratory Disease) adalah penyakit...

...
Optimasi Kesehatan Usus

Saluran pencernaan unggas merupakan saluran yang d...

...
Agrinusa dan Vaksindo Rutin Mengadakan Seminar Ber...

Agrinusa Jaya Santosa dan Vaksindo Satwa Nusantara...